Senin, 06 Juni 2011




RAKER KOMISI V DENGAN MENNEGPERA

 Dari Jurnal Parlemen inilah Pantau Komnisi V DPR RI : Komisi V DPR RI akan segera membahas dan menyusun Rancangan Kerja Anggaran dan Program untuk 2012 mendatang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Negara Perumahan Rakyat.

Raker dengan Kementerian PU akan berlangsung pukul 09.00 WIB, Senin (6/6). Sedangkan raker dengan Mennegpera akan berlangsung pukul 19.00 WIB.

Anggota Komisi V DPR Yudi Widiana Adia pada Jurnalparlemen.com Minggu (5/6) menjelaskan, bahwa pembahasan program kerja dan anggaran di kementarian tersebut, masih bersifat pembahasan awal atau tingkat pertama. Karena masih akan ada pembahasan panjang setelah ini, yaitu di tingkat satuan II dan III. Di mana setelah itu masuk dalam pembahasan di Panitia Anggaran DPR (Banggar) untuk digodok lagi, dari kemungkinan usulan program kerja dan anggaran tersebut, dikurangi atau malah ditambah lagi anggarannya di tingkat pembahasan Banggar DPR.

"Pembahasan program kerja dan anggaran dengan seluruh mitra Komisi V DPR pada hari ini dan pekan-pekan ini hanya pembahasan awal. Karena ini merupakan bahan untuk dibacakan Presiden dalam nota keuangan yang akan dibacakan pada Agustus mendatang. Sehingga masih sangat bisa berubah-ubah. Terlebih saat hal ini dibahas di tingkat Banggar DPR," kata politisi PKS ini.

Yudi menilai, kondisi pengisian mata anggaran di kementerian ini tidak ubahnya hanya sekedar mengisi blangko kosong untuk formalitas RAPBN dan Program Pemerintah pada 2012. Karena realitasnya program kerja dan anggaran selama ini, sesungguhnya belum benar-benar menyentuh aspek dasar masyarakat, untuk pemenuhan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, penegakan hukum, aspek sosial dan keadilan bagi masyarakat.

"Jadi menurut saya pembahasan dan isian anggaran di tingkat kementerian mitra kerja komisi selama ini, ya gitu-gitu aja. Stagnan dan formalistik saja. Toh upaya menyejahterakan masyarakat, penangan kemiskinan dan pengagguran tetap tinggi. Sehingga anggaran yang disusun di kementerian, tidak mencerminkan aspek tersebut," tandasnya.
end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar